LEBIH NYAMAN BERSAMA DAPUR PP MUS BERSIH


IMG_0604 IMG_0601

Tak hanya lihai mengocek lembaran kitab dalam majlis ta’lim, para santri PP Mus pun ternyata memiliki keahlian dalam menGocek diatas kompor. Bukan berarti mereka lalai akan tugas utama belajar di pondok, tapi justru inilah usaha maksimal mereka agar bisa melangsungkan jihadnya dalam mencari ilmu.

Fasilitas yang layak dan memadai adalah hal yang wajib ada auntuk mendukung mereka, terutama dapur, tempat mereka mengkreasikan olahan makanan ala santri buatan mereka. Sebelumnya, PP MUS memiliki dua buah dapur yang bertempet di dua lokasi berbeda. Satu di sebelah utara, di belakang rubath MU, yaitu yang sekarang masih dalam tahap pembangunan menuju wajah baru Rubath MU. Sedangkan dapur yang lain berlokasi disebelah selatan dibelakang Rubath Darul Ulum (DU). Dapaur inilah yang kini menjadi satu-satunya dapur milik santri di PP MUS, dapur ini juga menjadi tempat relokasi para penghuni dapur utara sebeleumnya.

Dengan adanya relokasi tersebut, maka sewajarnya harus ada penataan ulang tata ruang, agar dapat menampung seluruh peserta relokasi. Maka sampai dengan hari ini, 28 April 2015 terlihat sebuah suasana asri, tatanan rapi yang nyaman dihuni. Dapur baru siap melayani.

Vasilitas didalamnya pun lebih memadai, lemari penyimpanan perlatan masak yang semula barada dibawah, kini diletakkan menggantung tertempel di tembok. Kini lebih dari sekitar 50 lemari siap digunakan.

Tak ketinggalan, lantai tanah kini pun tergantikan dengan lapisan paving, serta saluran sanitasi yang terokomidir rapi. Sedangkan untuk menghemat biaya pembelian LPG, kedepannya akan disediakan kompor dengan bahan bakar biogas yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *