MUS menyabet 8 piala dalam MQK Kab. Rembang


mqk rembang 2015

Sarang, Kementerian Agama Kabupaten Rembang menyelenggarakan Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) pada Sabtu (28/02/2015), perlombaan ini merupakan ajang pembuktian para santri dalam membaca dan memahami kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren. Acara yang digelar di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar tersebut dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Rembang Drs. H. Atho’illah, M.PdI.

Dalam kesempatan tersebut rektor STAI Al-Anwar KH. Abdul Ghofur Maimoen memberikan sambutan atas nama tuan rumah, putra KH. Maimoen Zubair ini dalam sambutannya berharap agar delegasi Kab. Rembang mampu bersaing di MQK tingkat provinsi yang akan diadakan pada tahun 2016 dan MQK tingkat nasional pada tahun 2017.

Sementara itu dari 10 cabang yang dilombakan, delegasi PP. MUS menyabet 8 piala yang masing-masing diraih oleh M. Jalaluddin Juara 1 Fiqh Ula, A. Sa’id Juara 1 Tarikh Ula, Sholahuddin Juara 1 Akhlaq Wustho, Abul Fida’ Juara 1 Tafsir Wustho, Mas’ud Juara 2 Akhlaq Ula, M. Sadid Jauhari Juara 2 Nahwu Ula, Labib Izzullah Juara 2 Hadits Wustho dan Wafiqurrohman Juara 2 Ushul Fiqh Wustho.

Ust. M. A. Ubaidillah yang mendampingi para delegasi PP. MUS mengatakan bahwa seharusnya santri MUS mampu manggondol semua gelar yang dilombakan, karena para santri yang diikut sertakan merupakan santri pilihan dan berprestasi di pondok, namun karena demam panggung mereka merasa canggung dan kurang fokus, beberapa pertanyaan yang diajukan dewan hakim (juri) tidak bisa dijawab dengan baik.

MQK tingkat kabupaten kali ini merupakan yang kedua kalinya PP. MUS ikut berpartisipasi dan meraih hasil yang memuaskan “Semoga delegasi PP. MUS dapat berprestasi di tingkat yang lebih tinggi lagi (MQK tingkat provinsi dan nasional-red)” ujarnya. (ys)